Hosting Unlimited Indonesia

Cara Memasang Komentar Facebook Responsive Di Blogger

Cara Memasang Komentar Facebook Responsive di Blogger - Masih membahas seputar komentar, tutorial kedua hari ini akan menyebarkan perihal...

Teknik Dasar Seo Untuk Pemula

Hal yang paling dasar dalam meningkatkan secara optimal search engine (SEO) sebuah website yaitu keyword. Keyword sanggup menentukan jumlah trafik blog atau web yang berasal dari search engine.

Hal yang paling dasar dalam meningkatkan secara optimal search engine  Teknik Dasar SEO untuk Pemula

Keyword juga merupakan hal yang paling diperhatikan dalam menerapkan tips dasar SEO. Oleh alasannya itu, pemilihan keyword yang sempurna penting dilakukan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Keyword merupakan kunci dalam SEO (Search Engine Optimization). Keyword yang Anda pilih akan sangat berperan dalam menentukan banyaknya trafik atau pengunjung yang berasal dari search engine, ibarat google.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan terlebih dahulu sebuah riset dalam mencari keyword yang tepat.

Keyword yang dipilih sebaiknya merupakan kata kunci yang paling sering dicari di search engine.

Jika Anda salah menentukan keyword, ini tentu akan menjadikan sepi pengunjung. Tapi, jikalau keyword yang dipilih sudah tepat, maka pengunjung yang berasal dari mesin pencari akan lebih banyak.

Sebuah artikel atau goresan pena seharusnya mempunyai keyword yang elok demi menunjang peringkatnya di mesin pencari.

Salah satu tips dalam memilihnya yaitu dengan memakai keyword yang spesifik atau bisa disebut long tail keyword bukan justru memakai kata kunci pendek yang mempunyai tingkat persaingan tinggi. Hal ini terutama dipakai bagi blog atau website yang masih baru.

Keuntungan yang didapatkan dengan memakai long tail keyword yaitu sanggup mengurangi persaingan untuk suatu kata kunci pada pencarian di search engine.

Dengan demikian, peluang munculnya artikel di search engine akan menjadi semakin besar. Selain itu, pencari warta di search engine biasanya juga memakai beberapa kata untuk melaksanakan pencarian.

Teknik Dasar SEO Untuk Pemula


Sebelumnya, daftarkan ke search engine terlebih dahulu website yang dimiliki, terutama google. Karena ketika ini search engine google merupakan yang paling terkenal dibanding dengan mesin pencari lainnya.

Untuk pengguna blogger/blogspot tidak perlu mendaftarkan website ke google. Blogger akan otomatis mendaftarkan blog Anda pada search engine google jikalau Anda tidak merubah pengaturan defaultnya.

Bagi yang ingin berguru SEO gratis, terlebih dahulu kuasai teknik-teknik dasar SEO.

Di bawah ini, akan dijelaskan 3 tips dasar dalam berguru SEO bagi pemula yang perlu diketahui dalam melaksanakan meningkatkan secara optimal mesin pencari, di antaranya:

  1. Menentukan judul halaman (title tag) dengan tepat
  2. Membuat deskripsi (meta description) yang efektif
  3. Menggunakan keyword di dalam halaman

Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai tiga hal di atas.

1. Menentukan judul halaman (title tag) dengan tepat


Judul halaman merupakan kalimat yang terdapat pada tag title dan terletak di antara tag head.

Judul ini akan dipakai sebagai judul dari tab suatu halaman yang dibuka di web browser. Selain itu, title tag ini juga akan dibaca oleh search engine sebagai judul web pada hasil pencariannya.

Berikut tumpuan kodenya.

<title>Judul Halaman</title>

Lihat selengkapnya mengenai penempatan title tag pada file HTML.

Title tag merupakan salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan secara optimal onpage. Karena tag ini akan mengatakan pada mesin pencari apa topik yang sedang dibahas pada goresan pena tersebut dan akan tampil pada baris pertama sebelum deskripsi.

Pembaca juga terlebih dahulu akan melihat judul artikel dibanding isinya untuk menentukan website mana yang akan dibukanya pada hasil pencarian.

Oleh alasannya itu, jangan menciptakan judul suatu artikel dengan sembarangan.

Salah satu hal yang harus dilakukan yaitu menambahkan keyword yang dipilih pada judul halaman. Selain itu untuk hasil yang optimal, tempatkan keyword pada awal judul halaman tersebut. Karena semakin di depan kata kunci diletakkan maka akan semakin baik.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan yaitu meletakkan merek atau judul homepage pada awal judul artikel.

Jika Anda yaitu pengguna blogspot dan memakai template default, merek akan dibentuk di awal judul setiap artikel. Di dalam tips SEO, ini sangatlah tidak dianjurkan. Maka untuk hasil yang lebih baik letakkan merek tersebut di bab selesai pada judul.

Tips menentukan judul halaman


Untuk sanggup menciptakan judul artikel yang elok di mata pembaca dan juga mesin pencari, Anda harus tahu tipsnya. Berikut tips yang perlu diketahui dalam menciptakan sebuah judul artikel.

Buat judul sesuai dengan isi artikel


Judul sebaiknya dibentuk menggambarkan isi goresan pena dari suatu halaman.

Berdasarkan SEO starter guide yang dibentuk oleh google, dikatakan untuk menghindari menciptakan judul yang tidak mempunyai keterkaitan dengan konten/isi halaman. Selain itu, hindari juga menciptakan judul default atau tidak terang ibarat "Untitled", "New Page 1".

Buat judul artikel yang memancing


Jika halaman Anda masuk dalam top ten pencarian google dengan kata kunci tertentu maka kemungkinan halaman tersebut akan dibanjiri oleh pengunjung, apalagi jikalau menempati urutan pertama.

Tetapi, akan lebih baik lagi jikalau judul artikel yang dibentuk bersifat memancing. Mungkin pengunjung akan lebih menentukan artikel dengan judul ibarat ini dan kemungkinan untuk diklik akan lebih besar.

Bahkan mungkin saja artikel Anda akan lebih banyak diklik daripada artikel di urutan yang lebih tinggi tapi mempunyai judul yang biasa-biasa saja.

2. Membuat deskripsi (meta description) yang efektif


Deskripsi yaitu beberapa kalimat yang merupakan cuplikan dari suatu tulisan.

Deskripsi penting untuk ditambahkan ke setiap halaman alasannya mungkin google akan menggunakannya sebagai snippet atau cuplikan di dalam hasil pencarian. Walaupun google bisa saja menciptakan snippet sendiri untuk mengatakan kalimat-kalimat yang relevan.

Sama ibarat judul, tambahkan juga kata kunci pada bab awal deskripsi. Lalu bagaimana cara menambahkan deskripsi? Deskripsi dibentuk dengan memakai meta tag deskripsi pada template. Kode meta tag ini akan terlihat ibarat berikut.

<meta name="description" content="deskripsi halaman"/>

Google juga bisa saja memakai deskripsi yang berasal dari Open Directory Project (ODP) jikalau website Anda terdaftar di sana. Anda bisa membacanya di artikel dari google mengenai snippet.

Gunakan meta tag berikut untuk mencegah semua search engine memakai data dari ODP sebagai deskripsi halaman.

<meta name="robots" content="NOODP">

Jika hanya ingin mencegah google untuk memakai deskripsi dari ODP, gunakan meta tag berikut.

<meta name="googlebot" content="NOODP">

Menurut google melalui Webmaster Central Blog, meta descriptions tidak kuat pada posisi website di mesin pencari, tapi sanggup meningkatkan clickthrough.

Namun begitu, secara tidak eksklusif meta description juga akan mensugesti rangking di search engine. Karena clickthrough mempunyai dampak pada halaman hasil pencarian search engine (SERP).

Tips menciptakan deskripsi artikel


Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips dasar SEO dalam menciptakan deskripsi suatu artikel.

Deskripsi dibentuk sesuai dengan isi artikel


Sama dengan cara menciptakan judul, deskripsi juga harus dibentuk sesuai dengan artikel. Buatlah deskripsi yang sempurna untuk menggambarkan isi tulisan. Jangan menciptakan deskripsi yang tidak mempunyai kekerabatan dengan konten.

Tidak hanya berisi keyword


Di dalam menciptakan deskripsi, jangan hanya memasukkan keyword ke dalamnya. Karena tidak hanya search engine, deskripsi ini juga akan dibaca oleh pencari informasi. Maka untuk kenyamanan pembacanya buatlah deskripsi yang berkualitas, bukan sepenuhnya hanya diisi dengan kata kunci.

Buat deskripsi yang memancing


Deskripsi juga sebaiknya dibentuk memancing pengunjung untuk mengkliknya. Karena selain judul, deskripsi mungkin juga akan dilihat oleh pembaca sebagai pertimbangan untuk menentukan website yang akan dibukanya.

Buat title tag dan meta description yang unik atau berbeda di setiap artikel.

3. Menggunakan keyword di dalam halaman


Selain dipakai di dalam judul dan deskripsi, keyword juga dipakai di dalam isi halaman.

Anda bisa mengulang keyword beberapa kali untuk mengambarkan kata kunci suatu artikel. Dengan catatan, pengulangan kata kunci tidak dilakukan secara berlebihan. Lakukanlah pengulangan dengan kalimat yang logis. Jangan sembarangan menambahkan keyword jikalau memang itu tidak diharapkan pada kalimat.

Lalu, bagaimana dengan keyword density?

Keyword density atau kepadatan kata kunci pada suatu halaman memang dulunya kuat terhadap SEO. Tapi sekarang kepadatan keyword sudah tidak lagi mempunyai tugas pada Search Engine Optimization. Yang terpenting, tambahkan keyword secara natural.

Pengulangan keyword lebih baik dengan memakai variasi kata, yaitu kata kunci yang lebih spesifik, daripada hanya mengulang kata kunci yang sama persis. Dengan mempunyai banyak variasi kata kunci maka peluang artikel muncul di mesin pencari akan semakin besar.

Salah satu teknik dasar SEO yang cukup penting yaitu mengenai di mana saja keyword diletakkan. Lalu bagaimana cara meletakkan keyword yang baik untuk optimasi? Ada beberapa kawasan yang perlu diberi perhatian untuk meletakkan kata kunci di dalamnya. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

Tag Heading (H1, H2, H3, ....)


Tag heading ini dipakai untuk menciptakan suatu halaman menjadi terstruktur dengan memakai judul utama dan sub-sub judul.

Tag heading harus dibentuk secara berurutan, tidak sembarangan. Artinya tidak ada tag heading yang melompat ke heading yang tidak semestinya.

Selain itu tambahkan kata kunci pada tag ini. Google akan lebih suka dengan halaman website yang ibarat ini.

URL


URL sebaiknya dibentuk tidak terlalu panjang. URL yang lebih singkat akan lebih bagus. Gunakan juga keyword dalam menciptakan URL.

Link


Tambahkan kata kunci pada anchor text dari link. Hindari menciptakan teks link dengan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan halaman yang dituju, contohnya "klik di sini".

Link yang ditambahkan bisa berupa link internal maupun link eksternal. Kedua jenis link tersebut jikalau dipakai secara benar juga sanggup membantu ranking website di mesin pencari.

Alt Tag


Alt tag akan terlihat oleh pembaca sebagai teks pada gambar jikalau web browser tidak bisa membukanya. Untuk itu buat teks pada alt tag yang sanggup mendeskripsikan gambar tersebut.

Tag ini juga akan membantu search engine menemukan gambar di suatu website dengan kata kunci tertentu pada pencarian gambar.

Sebaiknya gunakan keyword secara efektif di dalam paragraf tanpa melakukannya dengan berlebih.

Itulah tips dasar SEO yang perlu diketahui dalam melaksanakan meningkatkan secara optimal mesin pencari. Ketiga tips dasar di atas merupakan tips SEO onpage.

Semoga tips tersebut sanggup membantu Anda dalam berguru SEO secara gratis.

0 Response to "Teknik Dasar Seo Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel